Tutorial cara cepat render 3dsmax dengan vray terbaru bagi pemula

Tips & Trik Buat Pemula | cara cepat render 3dsMax dengan menggunakan vray terbaru bagi Newbie ataupun yang baru belajar 3d autocad, sketchup maupun 3Dsmax. Mohon tutorial ini dibaca secara teliti karena kami membagi TIPS bagi yang baru belajar dan masih awam dan TRIK buat Anda yang telah lama belajar namun masih tetap bingung bagaimana cara agar render 3dsmax lebih realistik.

cara cepat belajar 3dsmax atau sketchup indonesia

TIPS  berikut hanya berdasarkan pengalaman pribadi selama belajar dan menekuni bidang 3d visual arsitektur dan interior. Tips ini tidak perlu hapalan angka-angka namun cukup Anda mengerti kapan nilai nya perlu dinaikkan/diturunkan. Namun ada beberapa hal yang mempengaruhi waktu serta kualitas realistik dari hasil render, berikut beberapa tips yang saya gunakan dalam scene 3dsmax agar hasil render terlihat lebih realistic dan hemat waktu:

  • Material Setting
belajar cepat render vray realistis
Salah satu yang menjadikan waktu render scene sangat lama yaitu objek dengan material refleksi, refraksi, bump dan displacement. Kurangi objek2 yang memantul dan objek yang tidak membutuhkan detail seperti tanaman yang berada jauh di belakang bisa delete texture bump/displacement nya.
Satu hal yang perlu ditekankan, Buat material menjadi sub/multi material agar memudahkan apabila ada perubahan jenis material dan setting ID poly 3d model, dengan cara ini juga dapat menghemat penggunaan slot material.
  • File Texture
tutorial cara cepat render vray 3dsmax atau sketchup
Cara memaksimalkan kinerja RAM agar waktu render bisa lebih cepat salah satunya dengan menkompres size file texture. Sekali lagi dari pengalaman pribadi, admin selalu memperkecil size file .jpg atau .bmp , dll agar kurang dari 1 MB dengan menggunakan program resize picture  yang dapat Anda download di google secara gratis

  • Jumlah poly dan verts
tutorial cara cepat render vray 3dsmax atau sketchup
Pada saat bekerja di program 3dsmax, perhatikan jumlah poly dan verts nya. Untuk menampilkan tekan angka '7' pada keyboard, Usahakan jangan lebih dari 2-6 juta poly karena akan memperberat kinerja komputer dengan spek PC yang rata-rata. Apabila memang kompleks dan perlu detail maka saran dari pengalaman pribadi yaitu convert 3dmodel yang memiliki jumlah poly/verts yang tinggi (telah fix modelingnya) menjadi vray proxy seperti tanaman/pohon, mobil, gadget table, pajangan, kursi, sofa, dll.

tutorial cara cepat render 3dsmax atau sketchup
  • Clean scene sebelum final render
tutorial cara cepat render vray 3dsmax atau sketchup
gunakan Maxscript clean untuk menghapus objek-objek yang mengganggu dan tidak terdeteksi pada viewport
  • Light Setup
tutorial cara cepat render vray 3dsmax atau sketchup
Untuk scene dapur ini saya menggunakan 2 jenis lighting yaitu : vray light sebagai lampu ruangan dan backlight kabinet serta target spot sebagai sumber cahaya luar (matahari)
  • Camera Setup
tutorial cara cepat render vray 3dsmax atau sketchup
Settingan kamera pada scene ini cukup default namun sesuaikan posisi kamera dengan ketinggian mata manusia dan jarak pandang yang jelas.
  • Render Setup
tutorial cara cepat render vray 3dsmax atau sketchup
Berikut settingan render setup yang saya gunakan pada scene dapur ini. Sekali lagi jangan bebani otak Anda untuk menghapal angka ini cukup pahami atau copypaste. Anda juga bisa load file .rps (render presets files) dari scene Evermotion atau scene gratis di 3dmodelfree. Namun berdasarkan pengalaman pribadi cara ini kadang gagal atau tidak sesuai dengan preview karena setiap scene memiliki karakteristik yang berbeda. Selain itu tersedia juga plugin instan untuk berbagai kualitas render yang biasa saya gunakan yaitu solidrocks. Dalam Solidrock terdapat beberapa tingkatan kualitas yang bisa diatur secara instan



Anda masih bingung dan kesulitan karena pemula, newbie atau awam, Pehatikan tips berikut:

jasa arsitek dan desain interior 3d artist indonesia

1. Gunakan komputer dengan spesifikasi tinggi
 
Semakin baik spesifikasi komputer atau laptop maka semakin efisien waktu Anda belajar modeling maupun render, sebaiknya gunakan komputer core i3, core i5, core i7 atau lebih ke atas dengan RAM sebaiknya 4GB atau lebih. Namun bagi yang belum memiliki komputer yang memadai Anda tidak perlu kecewa karena kami ada TRIK diakhir postingan.

2. Koleksi variasi file 3d model, vismat dan scene yang dimiliki
 
tutorial cara cepat render vray 3dsmax atau sketchup
bagi pemula dan masih awam lengkapi alat tempur dengan file 3model gratis atau berbayar. Bagi pengguna sketchup Anda dapat mendownload secara gratis di 3dwarehouse atau sketchuptexture sedangkan bagi pengguna 3dsmax Anda dapat download gratis di 3dmodelfree atau 3dsky. Namun bila ingin 3D model yang lebih detail dan lengkap serta scene render berkualitas Anda dapat membeli file dari Evermotion, 3dsky, dll. 

File ini sangat berguna sekali karena tidak perlu repot membuat sendiri objek 3D seperti sofa, divan, pohon/tanaman, mobil, meja, hiasan atau pajangan serta aksessoris pelengkap lain yang menguras waktu. Semakin lengkap koleksi akan semakin banyak variasi scene yang bisa Anda load dan terapkan ke desain.

3. Aplikasi, plugin dan script pendukung
tutorial cara cepat render vray 3dsmax atau sketchup
tutorial cara cepat render vray 3dsmax atau sketchupseperti vray, solidrock, sigershaders, dll
4. 3d model yang editable
 
Ada banyak program untuk modeling namun bagi Anda yang berkecimpung di dunia arsitektur dan desain interior tidak perlu khawatir karena modeling objek arsitektur untuk rumah tinggal masih belum terlalu sulit. Anda bisa menggunakan program autocad 2d lalu buat modeling dasar 3d di autocad lalu eksport ke 3dsmax ataupun dari sketchup lalu export ke 3dsmax ataupun sebaliknya. Ada pula program autocad architecture, autodesk revit, archicad maupun rhino yang memudahkan membuat objek 3d secara instan karena memiliki tool 3D.

5. Cita rasa dan kesabaran
 
Faktor yang tidak bisa disepelekan baik tidaknya penyajian gambar 3d juga sangat bergantung pada modeling yang detail serta jiwa seni.  3D visual tidak lebih merupakan perpaduan seni dan teknologi di mana cita rasa menjadi factor X yang mempengaruhi desain Anda. Namun faktor x ini bisa dikalahkan dengan ketekunan untuk berusaha dan mencoba karena dalam kesulitan ada kemudahan. Selamat belajar dan berkarya!

TRIK JALAN TOL bagi yang ingin jalur instan tanpa hambatan dan tak perlu repot
Ada beberapa kendala sehingga pemula atau orang awam yang baru menggeluti bidang arsitektur khususnya lulusan arsitektur atau SMK jurusan bangunan kesulitan dalam mengembangkan kemampuan presentasi gambar yang realistik walaupun telah mencoba berbagai tutorial namun masih belum sesuai dengan harapan atau tidak sesuai hasil walupun telah mengikuti langkah berbagai tutorial, itu disebabkan antara lain:
  1. Karakteristik tiap proyek berbeda
  2. Tidak memiliki waktu karena fokus ke konsep desain
  3. Belum memiliki komputer yang memadai
  4. Program dan plugin pendukung kurang update
  5. Dateline yang terbatas
  6. Koleksi file scene atau 3d model masih kurang
  7. Skill dalam 2D mahir namun dalam 3D masih kurang
Tapi tenang, bagi yang memiliki kendala di atas kami menyediakan JALAN TOL buat Anda yang ingin hasil render maksimal dan berkualitas. Anda yang menekuni dunia arsitektur dan desainer interior, memiliki ide segudang namun belum memiliki kesempatan untuk mem-visualisasi-kannya dengan 3dimensi yang memadai dan menarik, kami menawarkan jasa 3d visual atau 3d artist untuk desain Anda dengan harga yang bersahabat mulai dari harga 300 ribu - 1,5 juta sesuai tingkat kerumitan dan detail desain (negosiasi setelah konsep diterima admin).

Beberapa hasil karya dan tarif jasa 3D visual kami:
tutorial render vray 3dsmax atau sketchup

Apabila Anda memiliki 3D yang telah di modeling sendiri tanpa aksessoris pelengkap (tanaman, perabot, material) kami tawarkan dengan harga nego sesuai dengan tingkat kerumitan desain

Kami siap bekerja sama, email kami : ardimanye@yahoo.com


4 komentar:

  1. Mantap gan...
    tutorialnya sangat lengkap & detail..
    Thanks.. :)

    BalasHapus
  2. Sama2 kak Alfons
    terima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
  3. Trims ilmunya mas.. Sangat bermanfaat.. :)

    BalasHapus